About Me
Category
Popular Post
-
PES 2013 Trans Tv & Trans 7 Liga BBVA Scoreboard PES 2013 Copa Del Rey Tv One Scoreboard PES 2013 Liga Adelante Trans Tv ...
-
sebelumnya mungkin sudah pada tahu perbedaan scoreboard dan addboard di PES 2013, dulu, saya kira sama ternyata beda banget, nach kali ini ...
-
Gingham Check yang pertama kalinya singel yang harus ngevoe membernya supaya masuk senbatsu singel ke 6, males beli & uploadnya juga tad...
-
semakin kesini harga tiket konser jkt48 semakin tingkat akut,,, tapi si yamada pasti ngikut ajah :v semoga aja JOT bikin dvd nya lagi, jadi...
-
Jadi begini gan penjelasannya bagi yang nubie aja deh yah.. Dulu kalo ane mo buat callname sendiri tu caranya lumayan ribet karena cara bik...
-
JKT48 : Date Your Oshimen adalah sebuah game Visual Novel Dating Sim tentang member JKT48. Di sini kita berperan sebagai seorang delusioni...
-
posting ini sumbernya dari blogger ciamis,, tus saya reupload karena link servernya sudah mati,, official guide book jkt48 volume 2 nya say...
-
Kemarin 48 family (AKB48, JKT48, NMB48, SKE48, HKT48,) mengadakan konser Nippon Budokan secara live di gedung aula serbaguna di pusat kota...
-
ISO / DVD + FLAC / Lossless / CD Release Info JKT48 First Album – Heavy Rotation (2013.2.16) JKT48 is the official sister group of AKB...
-
Sebelumnya,,,saya berterimakasih yang suka berkunjung ke blog saya,, dan yang sering berkomentar atau yg request file, kebanyakan yang suka ...
Blog Archive
-
▼
2013
(223)
-
▼
March
(39)
- Persamaan Timnas Indonesia dan JKT48
- Biodata Lengkap Nabilah Ratna Ayu Azalia
- DEMI NABILAH
- Download Megazine Teen JKT48
- Software Mengganti Skin Booting PC
- Download Screen Saver JKT48 PC
- Download New Icon JKT48 Abal - Abal
- Download Calender JKT48 2013
- Kumpulan Script Jahil
- Download Majalah Hai JKT48
- Download (DVDISO) JKT48 – Heavy Rotation
- Naruto Shippuden Movie 6 Road To Ninja
- JKT48 in Saitama Super Arena (23-25 Maret 2012)
- AKB48 x JKT48 LIVE at JAKARTA ~J-Pop Culture Festi...
- Perbedaan windows xp, vista, 7 dan 8
- Club Sepak Bola Kesukaan Member JKT48
- Skin IDM JKT48 V.2
- Skin IDM JKT48
- Booting Screen Windows XP JKT48
- Booting Screen Windows 7 JKT48
- Halo Nabilah
- Contoh Carpon Sunda Kahirupan Sapopoe
- Skripsi Bahasa Inggris Tentang Explanation Text
- Mengubah Icon Library Dengan Cara Offline Windows 8
- Download Konser AKB48 Tokyo Dome
- Download applikasi mp3 player versi JKT48
- Download Icon JKT48 By Gia48
- Sample CD JKT48
- Download JKT48 Album Panjama Drive
- kumpulan link yang menarik
- Download Naruto Shippuden Gekitou Ninja Taisen Spe...
- Cara Membuat Pesona Firefox
- Download JKT48 1st Official Guide Book (Love JKT48)
- JKT48 Tokyo Dome Baby! Baby! Baby!
- Start Orbs JKT48 For Windows 7
- Download AKB48 - New Ship with Melody JKT48 in Tok...
- Naruto Shippuden Ultimate Ninja Impact Free Downlo...
- Cara membuat PERSONAS Firefox
- Cara Membuat Theme Google Chrome
-
▼
March
(39)
Posted by : gia
March 29, 2013
Sebelumnya :
1. Timnas punya 1 pemain naturalisasi (C. Gonzales)
= JKT48 punya 1 member “naturalisasi” (Rena)
2. Timnas punya 1 pemain belasteran (Irfan)
= JKT48 punya 1 member blasteran (Achan)
3. Timnas punya 1 pemain leader karismatik (Bepe)
= JKT48 punya 1 member leader karismatik (Melo)
4. Timnas punya supporter yang fanatik, militan, kreatif dan kompak
= JKT48 punya wota/ fans yang juga fanatik, militan, kreatif dan kompak
Sekarang :
1. Timnas kedatangan 2 pemain naturalisasi baru ( Cussel dan JVB )
= JKT48 kedatangan 2 member “naturalisasi” baru (Akicha dan Harugon)
2. Timnas diisi sejumlah pemain baru yang minim pengalaman dan diragukan kualitasnya namun sesunguhnya memiliki potensi luar biasa
= JKT48 kedatangan 2nd Gen yang juga diragukan kualitasnya namun sesunguhnya menyimpan daya ledak yang tidak kalah dari seniornya
3. Timnas punya “golden boy” baru bernama Arthur Irawan yang dengan skill dan tampangnya bisa menjadi pujaan baru supporter terutama kaum hawa
= JKT48 punya “the indonesian Jurina” bernama Viviyona Apriani yang dengan bakat dan ke “kawaii” annya bisa menjadi pujaan baru fans/ wota terutama para jomblo
4. Supporter Timnas tetap fanatik, loyal dan militan cuma terkotak kotak dalam kubu kubu akibat konflik
= Fans/ Wota JKT48 juga tetap fanatik, loyal, kreatif dan militan, cuma terkotak kotak dalam terlalu banyak kelompok serta banyak dikotomi seperti manusia langit-manusia bumi, sepuh-nubie, elegant-alay, normal-zombie dll
semoga prestasi JKT48 dan Timnas makin melambung..
*copas dari sebelah
1. Timnas punya 1 pemain naturalisasi (C. Gonzales)
= JKT48 punya 1 member “naturalisasi” (Rena)
2. Timnas punya 1 pemain belasteran (Irfan)
= JKT48 punya 1 member blasteran (Achan)
3. Timnas punya 1 pemain leader karismatik (Bepe)
= JKT48 punya 1 member leader karismatik (Melo)
4. Timnas punya supporter yang fanatik, militan, kreatif dan kompak
= JKT48 punya wota/ fans yang juga fanatik, militan, kreatif dan kompak
Sekarang :
1. Timnas kedatangan 2 pemain naturalisasi baru ( Cussel dan JVB )
= JKT48 kedatangan 2 member “naturalisasi” baru (Akicha dan Harugon)
2. Timnas diisi sejumlah pemain baru yang minim pengalaman dan diragukan kualitasnya namun sesunguhnya memiliki potensi luar biasa
= JKT48 kedatangan 2nd Gen yang juga diragukan kualitasnya namun sesunguhnya menyimpan daya ledak yang tidak kalah dari seniornya
3. Timnas punya “golden boy” baru bernama Arthur Irawan yang dengan skill dan tampangnya bisa menjadi pujaan baru supporter terutama kaum hawa
= JKT48 punya “the indonesian Jurina” bernama Viviyona Apriani yang dengan bakat dan ke “kawaii” annya bisa menjadi pujaan baru fans/ wota terutama para jomblo
4. Supporter Timnas tetap fanatik, loyal dan militan cuma terkotak kotak dalam kubu kubu akibat konflik
= Fans/ Wota JKT48 juga tetap fanatik, loyal, kreatif dan militan, cuma terkotak kotak dalam terlalu banyak kelompok serta banyak dikotomi seperti manusia langit-manusia bumi, sepuh-nubie, elegant-alay, normal-zombie dll
semoga prestasi JKT48 dan Timnas makin melambung..
*copas dari sebelah
\GAMBAR PROYEKSI ORTOGONAL
Berikut ini akan dibicarakan
tentang Gambar Proyeksi Ortogonal secara terinci. Gambar proyeksi ortogonal
yang lazim digunakan ada dua cara yaitu cara Eropa dan cara Amerika. Pada cara Eropa mempergunakan tiga bidang proyeksi
saling berpotongan tegak lurus satu sama yang lain, di mana benda yang
diproyeksikan berada di antara ketiga bidang tersebut. Sedangkan cara Amerika
mempergunakan enam bidang proyeksi yaitu benda dipandang dari enam sisi.
Berikut yang dibahas hanya gambar proyeksi cara Eropa.
Perpotongan di antara tiga bidang
proyeksi cara Eropa akan membentuk sebuah ruangan yang disebut dengan ruang nyata. Bidang-bidang proyeksi tersebut adalah :
1. Bidang mendatar, disebut Bidang Proyeksi 1 (benda
dilihat dari arah atas)
2. Bidang tegak, disebut Bidang Proyeksi 2 (benda dilihat
dari arah depan)
3. Bidang samping, disebut Bidang Proyeksi 3 (benda
dilihat dari arah samping)
Perhatikan gambar berikut ini!
Selanjutnya, dari gambar di atas
dapat kita lihat bahwa perpotongan tiga bidang proyeksi tersebut membentuk tiga
buah sumbu, masing-masing adalah :
1. Sumbu o-x, sebagai perpotongan bidang P1 dan P2.
2. Sumbu o-y, sebagai perpotongan bidang P1 dan P3.
3. Sumbu o-z, sebagai perpotongan bidang P2 dan P3
Susunan bidang-bidang proyeksi
seperti di atas yang membentuk ruang nyata disebut dengan bidang gambar
proyeksi stereometri. Dalam gambar stereometri ini, di samping menampilkan
gambar proyeksi 1, 2, dan 3 juga menampilkan gambar ruang objeknya. Dari bentuk
gambar stereometri akan disederhanakan menjadi bentuk gambar proyeksinya saja.
Perhatikan bentuk gambar berikut.
Penjelasan gambar
Untuk mendapatkan bidang-bidang
proyeksi yang datar, dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :
1. Sumbu o-x dan o-z dianggap sebagai engsel, sedangkan
sumbu o-y dianggap dapat dibagi menjadi dua bilah.
2. Bidang P1 diputar ke bawah hingga datar dengan bidang P2.
3. Bidang P3 diputar ke samping hingga datar dengan P3
(perhatikan Gambar. B).
Setelah memahami bagaimana
terbentuknya bidang-bidang proyeksi dan sumbu-sumbu proyeksi, sekarang kita
mulai membuat gambar proyeksi itu sendiri. Kita akan mempelajarinya secara
bertahap, dimulai dari proyeksi sebuah titik, kemudian garis, bidang, baru
selanjutnya memproyeksikan suatu benda (benda geometris tiga dimensi).
A. Proyeksi Sebuah Titik
Untuk membuat gambar proyeksi dari
sebuah titik, atau juga objek lainnya, sebaiknya dilakukan dua tahapan kerja,
yang pertama membuat gambar stereometrinya dan kedua membuat gambar
proyeksinya. Berikut ini perhatikan gambar proyeksi titik A yang terletak 2 cm
di atas bidang P1, 1 cm di depan bidang P2 dan 3 cm di samping bidang P3.
Perhatikan bentuk gambar berikut.
Penjelasan gambar
1) Titik A1 adalah proyeksi titik A
pada bidang P1 dengan koordinat (x,y) dengan nilai (3,1). Tarik garis proyeksi
dari nilai x tegak lurus sumbu o-x dengan jarak nilai y dan sebaliknya.
2) Titik A2 adalah proyeksi titik A
pada bidang P2 dengan koordinat (x,z) dengan nilai (3,2). Tarik garis proyeksi
dari nilai x tegak lurus sumbu o-x dengan jarak nilai z dan sebaliknya.
3) Titik A3 adalah proyeksi titik A
pada bidang P3 dengan koordinat (y,z) dengan nilai (1,2). Tarik garis proyeksi
dari nilai y tegak lurus sumbu o-y dengan jarak nilai z dan sebaliknya.
4) Titik A pada gambar stereometri
adalah benda yang sebenarnya dengan koordinat (x,y,z) dengan nilai (3,1,2).
Titik A didapat dengan menarik garis proyeksi dari titik A1, A2 dan A3 tegak
lurus dengan bidang-bidang proyeksinya.
Latihan Soal :
1. Diketahui titik B yang terletak pada koordinat (4,3,5). Cari dan
buat gambar stereometri serta gambar proyeksinya!
2. Diketahui titik C dengan koordinat (4, 6, 0). Cari dan buat gambar
stereometri serta gambar proyeksinya!
B. Gambar Proyeksi Sebuah Garis
Menggambar proyeksi sebuah garis
dapat diartikan menggambar proyeksi dua buah titik. Namun dalam membuat gambar
proyeksinya harus kita pandang sebagai sebuah garis yang utuh, hal itu
menyebabkan terdapatnya beberapa kemungkinan hasil gambar proyeksi sebyah
garis, antara lain :
·
Proyeksi dari sebuah garis lurus
akan berupa garis lurus juga, tetapi bila garis tersebut tegak lurus dengan
bidang proyeksinya maka hasil proyeksinya berupa sebuah titik.
·
Proyeksi dari sebuah garis yang
sejajar dengan bidang priyeksinya maka hasil proyeksinya akan sama panjang
dengan garis tersebut, dan bila sebuah garis yang tidak sejajar dan tidak tegak
lurus dengan bidang proyeksinya maka hasil proyeksinya lebih pendek dari garis
tersebut.
Perhatikan dan pelajari
gambar-gambar berikut.
Latihan Soal :
1. Diketahui garis BC dengan koordinat titik B (1,2,3,). Garis BC
panjangnya 5 cm dan sejajar dengan sumbu o-y Cari dan buat gambar stereometri
serta gambar proyeksinya!
2. Diketahui garis CD dengan koordinat titik C (2,2,1). Garis CD = 6
cm yang semula sejajar dengan sumbu o-z, kemudian diputar kekanan hingga
membentuk sudut 450 dengan
sumbu o-x Cari dan buat gambar stereometri serta gambar proyeksinya!
C. Gambar Proyeksi Sebuah Bidang
Sebuah bidang dibentuk oleh tiga
buah garis atau lebih. Oleh karena itu, untuk membuat gambar proyeksi sebuah
bidang sama dengan memproyeksi beberapa buah garis. Kemungkinan-kemungkinan
yang terjadi pada proyeksi garis dapat berlaku juga pada proyeksi bidang.
Perhatikan dan pelajari gambar
berikut.
Penjelasan Gambar
·
Bidang ABCD gambar proyeksinya pada
bidang P1 berupa sebuah garis yang sama panjang dengan sisi AB, sejajar sumbu
o-x atau tegak lurus sumbu o-y.
·
Proyeksi bidang ABCD pada bidang P2
berupa bidang yang sama besar dengan bidang asalnya, bidang tersebut sejajar
dengan bidang P2 dan tegak lurus dengan bidang P1 dan P3.
·
Proyeksi bidang ABCD pada bidang P3
berupa sebuah garis yang sama panjang dengan sisi BC, sejajar sumbu o-z dan
tegak lurus sumbu o-y.
Penjelasan gambar
·
Gambar Proyeksi pada bidang P1, P2
dan P3 berupa bidang segitiga.
·
Ketiga segitiga pada masing-masing
bidang proyeksi tidak ada yang ukuranya dengan segitiga asalnya yaitu segitiga
EFG, ini disebabkan karena letak dari segitiga EFG tidak sejajar dan tidak
tegak lurus dengan bidang-bidang proyeksinya.
Latihan Soal :
1. Diketahui bidang berbentuk ‘T’ dengan koordinat titik A (3,2,1,).
Garis AB // dengan sumbu o-x dan garis BC // dengan sumbu o-z Cari dan buat
gambar stereometri serta gambar proyeksinya!
2. Diketahui
Bidang segi-empat ABCD dengan koordinat titik A (2,2,1). Garis AB = 6 cm //
dengan sumbu o-y dan garis BC = 7 cm // sumbu o-z. Bidang ABCD semula sejajar
dengan bidang P3, kemudian diputar ke kanan dengan garis AB sebagai sumbu putar
hingga membentuk sudut 450dengan bidang P1. Cari dan buat gambar stereometri serta gambar
proyeksinya!
D. Gambar Proyeksi Sebuah Benda
Tiga Dimensi
Memproyeksikan sebuah benda tiga
dimensi seperti kubus, balok, limas dan sebagainya sama artinya memproyeksikan
beberapa buah bidang. Kemungkinan gambar proyeksinya pada bidang P1,P2 dan P3
berupa sebuah bidang.
Perhatikan gambar berikut dan
pelajarilah.
Ketentuan gambar proyeksi balok di
atas adalah sebagai berikut.
Ditentukan proyeksi balok
dengan kordinat titik A (1,1,1), Garis AB
panjangnya 5 cm sejajar dengan
sumbu o-x dan tegak lurus sumbu o-y. Garis BC panjangnya 4 cm sejajar sumbu o-y
dan tegak lurus sumbu o-x. Alas balok adalah bidang ABCD sejajar dengan bidang
P1. Tinggi balok 2,5 cm.
Latihan Soal:
1. Diketahui bentuk bangun di bawah ini, dengan ketentuan sebagai
berikut :
Titik A terletak pada koordinat (3,2,1), garis AB sejajar dengan sumbu o-x
dan bidang alas bangun (bidang ABCD) sejajar dengan bidang P1. Buatlah
gambar proyeksinya !
Ketentuan garis :
Garis tepi : 0,8mm tinta hitam
Garis sumbu : 0,6mm tinta hitam
Garis gambar proyeksi : 0,8 mm tinta hitam
Garis konstruksi : 0,1 mm tinta merah
2. Diketahui bentuk bangun di bawah ini, dengan ketentuan sebagai
berikut :
Titik A terletak pada koordinat (2,2,1), garis AB sejajar dengan sumbu o-x
dan bidang alas bangun (bidang ABCD) sejajar dengan bidang P1. Buatlah
gambar proyeksinya dan diarsir rapi dengan pensil tipis!
Ketentuan garis :
Garis tepi : 0,8 mm tinta hitam
Garis sumbu : 0,6 mm tinta hitam
Garis gambar proyeksi : 0,8 mm
tinta hitam
Garis konstruksi : 0,1 mm tinta
merah
3. Diketahui bentuk bangun di bawah ini, dengan ketentuan sebagai
berikut :
Titik A terletak pada koordinat (1,2,1), garis AB sejajar dengan sumbu o-x
dan bidang alas bangun (bidang ABCD) sejajar dengan bidang P1. Buatlah
gambar proyeksinya dan diarsir rapi dengan pensil tipis!
Ketentuan garis :
Garis tepi : 0,8 mm tinta hitam
Garis sumbu : 0,6 mm tinta hitam
Garis gambar proyeksi : 0,8 mm
tinta hitam
Garis konstruksi : 0,1 mm tinta
merah
- Back to Home »
- JKT48 »
- Persamaan Timnas Indonesia dan JKT48